< Takwa: Jalan Kemenangan

Takwa: Jalan Kemenangan

2021-01-22 09:13:36

amirfath.com, Khutbah (02), Des 2020 – Setiap manusia wajib bertakwa kepada Allah. Sebab takwa artinya bersungguh-sungguh ikut Allah swt. Mengapa kita harus ikut Allah swt? Sebab Dialah pemilik alam semesta dan Dialah pemilik semua manusia. Sebagai makhluk yang berakal manusia harus mentaati aturanNya. Ibarat perususahaan siapapun yang terdaftar di dalamnya wajib ikut aturan yang telah ditetapkan.
Dalam Al Quran telah dipastikan beberapa kondisi kerena ketakwaan para hamba Allah swt : Pertama, Allah swt.memastikan bahwa syarat untuk ikut Al Quran adalah mempunyai kualitas takwa. Allah swt. berfirman dalam surah Al Baqarah 2 : ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين

Inilah Al Quran, tiada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Mengapa hanya yang bertakwa yang Allah sebutkan di sini? Mengapa Allah tidak menyebutkan petunjuk bagi orang yang beriman? Para ulama tafsir menjelaskan bahwa banyak mereka yang mengaku beriman kepada Al Quran, tetapi kenyataannya tidak ikut apa kata Al Quran. Lihatlah, mereka tidak takut berzina, korupsi, berbohong, menipu dan sebagainya. Padahal mereka tahu itu semua diharamkan dalam Al Quran. Di sihi kita mengerti mengapa Allah swt. hanya menyebutkan mereka yang bertawa? Sebab hanya mereka yang bertakwa itulah yang siap ikut aturan Al Quran secara utuh.

Kedua, Allah menegaskan bahwa syarat untuk menadapatkan kemenangan adalah harus bertakwa. Allah berfirman tentang kisah Nabi Musa as. : والعاقبة للمتقين
Dan kemenangan hanyalah bagi mereka yang bertakwa(QS. Al Araf 128) . Suatu hari Umar bin al Khaththab ra. pernah berpesan kepada pasukan Al Qadisyah : bertawalah kalian kepada Allah, sebab kalian ditolong oleh Allah swt. karena dosa-dosa musuh kalian. Maka apabila kalian melakukan dosa yang sama, kalian akan berhadapan dengan kekuatan musuh tanpa pertolongan dari Allah swt. Ini pesan yang sangat menentukan. Bahwa tidak mungkin sebauh kemenangan terjadi tanpa pertolongan Allah swt.

Ketiga, surga sebagai tempat kebahagaiaan abadi hanyalah dipersipakan begi mereka yang bertakwa. Dalam surah Ali Imran 133, Allah berfirman :
وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,
Dalam surah An Naba’ 31, dipertegas lagi :
اِنَّ لِلْمُتَّقِيْنَ مَفَازًاۙ
Sungguh, orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan,

Generasi pertama umat ini menang karena mereka bertakwa. Padahal ketika itu mereka tidak memegang laptop, pesawat terbang Handphone dan sebagainya. Silahkan kita yang hidup di zaman akhir, dengan segala fasilitas teknologi yang canggih, itu semua tidak akan pernah mebantu keberkahan kita, tanpa kita bertakwa kepada Allah swt. (wallahu a’lam bishsowab).